Monday, 16 November 2015

Ujian Akhir Kelas XI


A.      PILIHLAH JAWABAN A, B, C, D, ATAU E YANG PALING TEPAT!

1.       Teks yang isinya menjelaskan proses terjadinya perisiwa alam, sosial, atau budaya disebut ...
a.       Eksplanasi
b.      Argumentasi
c.       Narasi
d.      Prosedur
e.       Cerita ulang

2.       Berikut ini yang tidak termasuk kaidah teks eksplanasi adalah ...
a.       Menjelaskan proses terjadinya peristiwa
b.      Penjelasan bersifat kronologis
c.       Menggunakan ragam bahasa baku
d.      Menggunakan kata urutan peristiwa
e.       Bersifat memengaruhi pembaca

3.       Berikut ini yang tidak termasuk teks eksplanasi ialah ...
a.       Proses terjadinya gerhana matahari
b.      Proses terjadinya tsunami
c.       Proses terjadinya hujan
d.      Proses pembuatan nasi goreng
e.       Proses terjadinya gempa bumi

Bacalah teks di bawah ini!
Teks I
Abrasi terjadi karena faktor alam berupa angin yang bertiup di atas lautan dan menimbulkan gelombang beserta arus laut. Hal ini membuat gelombang beserta arus laut mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai sehingga mengakibatkan abrasi.
Selain faktor alam, abrasi juga disebabkan oleh faktor manusia, misalnya penambangan pasir. Penambangan pasir sangat berperan terhadap abrasi pantai, baik di daerah tempat penambangan pasir maupun di daerah sekitarnya. Hal ini disebabkan terkurasnya pasir laut sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan arah arus laut yang menghantam pantai. Dengan demikian, abrasi dapat terjadi karena faktor alam dan faktor manusia.

Teks II
Pada persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini, seseorang yang menguasai bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja.  Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja. Itulah mengapa penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

4.       Topik yang dijelaskan pada teks 1 adalah
a.       Abrasi
b.      Faktor penyebab abrasi
c.       Akibat-akibat abrasi
d.      Mencegah abrasi
e.       Abrasi pantai

5.       Teks 1 dapat digolongkan sebagai teks ...
a.       Eksposisi
b.      Eksplanasi
c.       Prosedur kompleks
d.      Laporan hasil observasi
e.       Argumentasi

6.       Teks 1 menjelaskan proses terjadinya fenomena ...
a.       Sosial
b.      Budaya
c.       Agama
d.      Alam
e.       Ekonomi

Bacalah teks di bawah ini!
Masyarakat merupakan kelompok-kelompok manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang sama. Proses terbentuknya masyarakat biasaya berlangsung tanpa disadari oleh hampir sebagian besar anggotanya. Dorongan manusia untuk bermasyarakat antara lain: pemenuhan kebutuhan dasar biologis, kemungkinan untuk bersatu dengan manusia lain, keinginan untuk bersatu dengan lingkungan hidupnya, dan lain-lain.

7.       Teks tersebut termasuk genre teks
a.       Eksplanasi peristiwa alam
b.      Eksplanasi fenomena sosial
c.       Prosedur kompleks
d.      Hasil observasi
e.       Narasi

8.       Teks tersebut membahas tentang
a.       Proses terbentuknya kebudayaan
b.      Proses terbentuknya masyarakat
c.       Batasan masyarakat
d.      Dorongan terbentuknya masyarakat
e.       Kemasyarakatan

9.       Berikut ini yang tidak termasuk penyebab terbentuknya masyarakat ialah...
a.       Keinginan untuk bersatu dengan lingkungannya
b.      Keinginan untuk bersama dengan manusia lain
c.       Keinginan untuk memenuhi kebutuhan
d.      Pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial
e.       Manusia memiliki kemampuan untuk berpikir

10.    Masyarakat merupakan kelompok-kelompok manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang sama
Suntingan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...
a.       Masyarakat merupakan kelompok manusia-manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang sama
b.      Masyarakat merupakan beberapa manusia-manusia yang terikat oleh kebudayaan yang sama
c.       Masyarakat merupakan kelompok manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang sama.
d.      Masyarakat yaitu kelompok manusia yang terikat oleh kebudayaan yang sama.
e.       Masyarakat yakni kelompok-kelompok manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang sama.

11.    Gagasan utama paragraf diatas terdapat pada
a.       Kalimat 1
b.      Kalimat 2
c.       Kalimat 3
d.      Kalimat 4
e.       Tidak ada gagasan utama

Bacalah teks di bawah ini
Abrasi terjadi karena faktor alam berupa angin yang bertiup di atas lautan dan menimbulkan gelombang beserta arus laut. Hal ini membuat gelombang beserta arus laut mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai sehingga mengakibatkan abrasi. 
Selain faktor alam, abrasi juga disebabkan oleh faktor manusia, misalnya penambangan pasir. Penambangan pasir sangat berperan terhadap abrasi pantai, baik di daerah tempat penambangan pasir maupun di daerah sekitarnya. Hal ini disebabkan terkurasnya pasir laut sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan arah arus laut yang menghantam pantai. Dengan demikian, abrasi dapat terjadi karena faktor alam dan faktor manusia.

12.    Bukti teks tersebut sebuah teks eksplanasi adalah ...
a.       Isi teks berisi penjelasan sebab-sebab terjadinya abrasi
b.      Isi teks berisi pemaparan pengertian abrasi
c.       Penjelasan pada teks diakhiri dengan simpulan
d.      Penjelasan fenomena abrasi disebabkan oleh dua faktor
e.       Isi teks sesuai dengan peraturan bahasa Indonesia

13.    Pada teks tersebut, kata-kata yang menunjukkan kausalitas adalah ...
a.       Kata selain faktor, sehingga
b.      Konjungsi baik, maupun
c.       Konjungsi karena, disebabkan
d.      Kata dan, misalnya
e.       Kata dengan demikian, karena

14.    Simpulan yang tepat dari teks tersebut adalah ...
a.       Manusia merupakan penyebab utama abrasi
b.      Abrasi terjadi karena terkikisnya pantai
c.       Abrasi disebabkan oleh faktor alam dan manusia
d.      Abrasi memengaruhi kondisi alam dan manusia
e.       Abrasi disebabkan oleh aktivitas penambangan pasir.

15.    Kerusakan terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang membanjiri daratan.
Kalimat tersebut menggunakan konjungsi yang menyatakan hubungan ...
a.       Defenisi
b.      Sebab akibat
c.       Akibat sebab
d.      Syarat
e.       Penjelas

16.    Teks yang isinya berupa penilaian terhadap kualitas suatu karya baik dari kelebihan maupun kekurangannya disebut teks ...
a.       Ulasan
b.      Artikel
c.       Eksplanasi
d.      Cerita
e.       Makalah

17.    Berikut merupakan unsur-unsur dalam ulasan film kecuali ...
a.       Identitas film
b.      Ringkasan cerita film
c.       Penilaian
d.      Simpulan
e.       Alur

18.    Bagian identitas ulasan film terdiri atas..
a.       Nama film, pengarang, dan penerbit
b.      Judul film, sutradara, dan nama produser film
c.       judul film, pemain, dan harga tiket
d.      durasi, tahun produksi, dan jumlah penonton.
e.       Sinopsis, data publikasi, dan penilaian.

19.    Di bawah ini termasuk pada struktur ulasan film, kecuali ...
a.       Identitas dan pendahuluan
b.      Judul ulasan dan sinopsis film
c.       Analisis kelebihan dan kekuranan film
d.      Simpulan ulasan
e.       Biaya pembuatan film

20.    Di bawah ini merupakan unsur yang dinilai pada film, kecuali ...
a.       Alur cerita
b.      Keterkaitan antara gambar dengan cerita
c.       Tema film
d.      Perwatakan tokoh
e.       Penonton

21.    Di bawah ini merupakan ciri kalimat yang biasa digunakan dalam teks ulasan film, kecuali
a.       Rilis, durasi
b.      Animasi, oscar
c.       Sinema, aktor
d.      Aktris, serial
e.       Pelantun, proyeksi

22.    Struktur akhir teks ulasan memiliki ciri sebagai berikut ...
a.       Menjelaskan film baru yang akan dirilis
b.      Menyebutkan judul film
c.       Menyebutkan nama sutradara
d.      Menjelaskan keunggulan film yang diulas
e.       Memberi sugesti layak tidaknya film

Bacalah kedua teks di bawah ini !
Teks I
Latar awal dimulai ketika Habibie dan Ainun masih remaja. Mereka bersekolah di tempat yang sama. Ketika itu, gurunya pun sempat bergurau dengan mengatakan bahwa sebenarnya mereka berjodoh, tetapi Habibie menyangkalnya. Ia berkata bahwa Ainun itu hitam, jelek, gendut, dan seperti gula jawa.
Suatu ketika, Habibie yang berkuliah di Jerman harus pulang karena tuberculosis yang dideritanya. Nah, dari sanalah cerita cinta Habibie berlanjut. Akhirnya, Habibie dipertemukan kembali dengan Aninun lewat kue yang harus diantarkannya ke rumah Ainun. Ainun yang sudah menjadi gadis muda nan cantik pun membuat Habibie jatuh hati. Banyak pula pria yang menyukainya bahkan di antara mereka perangkat dan kaya. Namun, Habibie tidak minder. Ia datang ke rumah Ainun menumpang becak, sedangkan para pesaingnya menggunakan mobil.

Teks II
Dalam buku ini disuguhkan beberapa pedoman dalam langkah proses menuju perolehan keajaiban rezeki, yaitu lingkar pengaruh.
Pertama, lingkar diri yang segala sesuatunya itu bermula atau berasal dari diri sendiri, tentunya dengan usaha kita.
Kedua, lingkar keluarga,  yaitu dukungan. Doa dari keluarga kita sendiri tentunya dengan usaha kita, karena tanpa usaha, dukungan dan doa dari orang tua kita tidak akan berhasil mendapatkan sesuatu dengan maksimal.
Ketiga, lingkar sesama yang merupakan lingkungan sesama yang membantu proses usaha kita. Keempat, lingkar semesta, sampai lingkar pencipta. Jika kita berhasil menjaga tiga lingkar yang pertama, dengan sendirinya kita akan berhasil menyentuh dua lingkar berikutnya.
(ulasan buku 7 Keajaiban Rejeki)


23.    Kesamaan struktur kedua teks tersebut adalah ...
a.       Keduanya bagian identitas
b.      Keduanya bagian penokohan
c.       Keduanya bagian sinopsis
d.      Keduanya bagian kualitas
e.       Keduanya bagian simpulan

24.    Perbedaan kaidah kedua teks tersebut terletak pada...
a.       Teks 1 mengemukakan kualitas, teks 2 mengemukakan sinopsis
b.      Teks 1 mengemukakan sinopsis, teks 2  mengemukakan kelemahan
c.       Teks  1 mengemukakan keunggulan, teks 2 mengemukakan isi buku
d.      Teks 1 mengulas film, teks 2 mengulas buku
e.       Teks 1 mengulas sinetron, teks 2 mengulas buku

25.    Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ...
a.       Teks 1 menyajikan alur cerita, teks 2 menyajikan isi buku
b.      Teks 2 menyajikan latar cerita, teks 2 menyajikan sinopsis
c.       Teks 1 menyajikan karakter tokoh, teks 2 menyajikan latar pengarang
d.      Teks 1 menyajikan alur cerita, teks 2 menyajikan tema
e.       teks 1 menyajikan perwatakan, teks 2 menyajikan alur.

26.    Berdasarkan objek ulasannya, teks 1 dapat digolongkan sebagai teks ...
a.       Ulasan film
b.      Ulasan drama
c.       Ulasan buku
d.      Kritik
e.       Esai

27.    Teks 2 dapat digolongkan sebagai teks ...
a.       Ulasan film
b.      Ulasan drama
c.       Ulasan buku
d.      Kritik
e.       Esai

Bacalah kedua teks di bawah ini!
Teks 1
Sastu hal yang bisa dipercaya dari tokoh-tokoh 5CM adalah klaim mereka tentang keindahan alam negeri kita. Kecakapan teknis film ini patut diancungi jempol. Rizal Mantovani dan kawan-kawan bisa menangkap keindahan padang rumput, hutan, serta danau yang lima sekawan lalui sepanjang pendakian. Satu momen yang cukup asyik adalah saat mereka upacara di puncak Gunung Semeru. Kelimanya memimpin upacara di sekitar bendera, pendaki-pendaki lainnya berdiri khusyuk di belakang mereka, dan pemandangan Gunung Semeru dengan manis melatari semua itu megah kelihatannya terutama di layar lebbar dan bioskop. Hebatnya lagi Rizal Mantovani dan kawan-kawan tidak berhenti di situ. Merka sampai bersusah payah mengambil sejumlah aerial shot Gunung Semeru menggunakan helikopter yang berarti sangat mahal untuk menekankah kemegahan tersebut.

Teks 2
Posisi Mika krusial dalam tatanan cerita. Ia menjadi pemantik dalam perubahan diri Indi. Pandangan yang positif terhadap hidup menyadarkan Indi kalau penyakit dan kematian bukanlah akhir segalanya. Pertanyaannya, dari mana pandangan itu muncul kalau penonton tidak diberi tahu tentang diri Mika? Kemunculan Mika dalam film hanya untuk Indi. Ia seperti tidak punya kehidupan pribadi. Alih-alih memperkuat karakterisasinya, narasi film malah sibuk menjelajahi sanksi sosial yang dialami kedua protagonis. Indi dijauhi teman-teman sekolahnya karen pacaran dengan pengidap AIDS. Plot sampingan ini sebenarnya masih sesuai dengan tema film. Namun, narasi film akan terasa lebih utuh jika dimanfaatkan untuk memperjelas tokoh-tokohnya.

28.    Kesamaan struktur teks tersebut adalah...
a.       Keduanya bagian identitas
b.      Keduanya bagian penokohan
c.       Keduanya bagian sinopsis
d.      Keduanya bagian penilaian
e.       Keduanya bagian simpulan

29.    Perbedaan kedua teks tersebut terletak pada...
a.       Teks  1 mengemukakan kualitas, teks 2 mengemukakan sinopsis
b.      Teks 1 mengemukakan sinopsis, teks 2 mengemukakan kelemahan
c.       Teks 1 mengemukakan keunggulan, teks 2 mengemukakan kelemahan
d.      Teks 1 mengemukakan identitas, teks 2 mengemukakan simpulan
e.       Teks 1 mengemukakan, teks 2 mengemukakan keunggulan.
Bacalah teks ulasan di bawah ini!
Judul film        : Insidious
Sutradara         : James Wan
Skenario          : Leigh Whannel
Pemain             : Patrick Wilson, Rose Byrne, Ty Simpkins
Pembuat           : Hollywood
Tahun               : 2010

“Insidious” adalah sebuah film horor terbaik yang sekarang sudah jarang ada, yaitu film horor yang memang sangat menakutkan tanpa harus membuat kita merasa jijik. Dari opening title di awal, film ini sudah menunjukkan usaha yang bagus untuk memengaruhi pikiran anda. Sebuah keluarga pindah ke rumah tua dan mereka langsung merasakan ada hal yang salah di sana. Suara-suara aneh, penampakan aneh, pintu yang membuka dan menutup sendiri, dan lain-lain. Yang seru, hantu di “insidious” bukanlah bersifat pasif, anda tidak bisa menghindari dengan pergi begitu saja. Hantu di sini  mengikuti anda terus. Tetapi film ini terganggu engan sedikit inkonsistensi. Para karakter di sini bertingkah berlawanan dengan interest mereka, mungkin agar lebih mudah bagi penulisan skenario. Sutradara James Wan, terlalu memerhatikan efek tapi kurang detil dengan sequences  dan tensi filmnya.
Walaupun dibuat dengan budget endah, harusnya Wan bisa lebih memerhatikan segi ini. Ada juga beberapa pertanyaan menyaksikan film ini. Contoh, jika hantu di film ini diceritakan sengsara, kenapa mereka selalu tampil tersenyum? Memang, hal ini hampir di semua film hantu. Apa yang lucu dengan kehidupan setelah mati? Atau apakah hantu tetaap tersenyum seperti saat mereka hidup? Ataukah mereka senang melihat orang yang ketakutan karena ulah mereka? Mungkin saja sesuatu yang menakutkan kita justru lucu bagi mereka di “sana”

30.    Struktur ulasan yang ditampilkan pada teks tersebut adalah ...
a.       Identitas, penilaian
b.      Identitas, evaluasi, simpulan
c.       Identitas, evaluasi
d.      Judul, penilaian
e.       Judul ulasan, penilaian.

31.    Objek yang diulas pada teks tersebut adalah ...
a.       Sutradara film “insidious”
b.      Film “insidious”
c.       Hollywood
d.      Produsen film “insidious”
e.       Rumah tua tempat pembuatan film

32.    Di bawah ini merupakan unsur yang diulas oleh penulis, kecuali...
a.       Sambutan masyarakat
b.      Biaya pembuatan film
c.       Kelemahan film
d.      Keunggulan film
e.       Proses pembuatan film

33.    Saran yang tidak tepat untuk perbaikan teks ulasan tersebut adalah ..
a.       Ulasan tersebut seharusnya dilengkapi sinopsis
b.      Ulasan tersebut seharusnya dilengkapi simpulan
c.       Terdapat beberapa penulisan kata harus direvisi
d.      Terdapat beberapa penulisan kata asing harus direvisi
e.       Penggunaan istilah asing harus diperbanyak
34.    Bagian teks yang perlu disunting ialah kelengkapan ...
a.       Objek yang diulas
b.      Keunggulan dan kelemahan
c.       Simpulan
d.      Sinopsis
e.       Struktur ulasan

35.    Hantu di “insidious” bukanlah bersifat pasif, anda tidak bisa menghindari mereka dengan pergi begitu saja.
Suntingan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ...
a.       Hantu di Insidious  bukanlah pasif, Anda tidak bisa menghindari mereka begitu saja.
b.      Hantu di Insidious tidak bersifat pasif, anda tidak bisa menghindari dengan begitu saja.
c.       Hantu di “Insidious” tidak bersifat pasif, anda bisa menghindari mereka dengan pergi begitu saja
d.      Hantu di “Insidious” tidak pasif, Ada tidak bisa menghindari mereka dengan pergi begitu saja.
e.       Hantu “Insidious” bukanlah pasif, anda akan bisa menghindari mereka dengan pergi begitu saja.

36.    Ada juga beberapa pertanyaan menyaksikan film ini. Contoh, jika hantu di film ini diceritakan sengsara, kenapa mereka selalu tampil tersenyum?
Dua kalimat tersebut tidak baku. Suntingan yang tidak tepat ialah ...
a.       Menggabungkan kedua kalimat tersebut
b.      Menambah kata “setelah” sebelum kata menyaksikan 
c.       Mengubah “kenapa” menjadi “mengapa”
d.      Mengubah “contoh” menjadi “contohnya”
e.       Mengubah “menyaksikan” dengan “melihat”

Bacalah teks ulasan di bawah ini!
            Marriyem (Annisa Hertami) yang terpsah dari kakaknya Maryono (Abe) akibat perang, kembali dipertemukan dalam kondisi yang berbeda. Ling Ling (andrea Reva seorang boch Tionghoa yang juga terpisah dari mamanya (Olga Lydia), kembali bertemu dalam sebuah momen di gereja. Tokoh menggelitik pun ditampilkan, yakni seorang bocah yang hanya bsia mengeja kata “merdeka” tetapi punya semangat juang dan selalu menjadi garda terdepan pasukan pemuda.

Rasa kemanusiaan pun dimiliki oleh para penjajah. Nobozuki (suzuki), pemimpin tentara Jepang, tak pernah tega pada anak-anak karena ingat anaknya di rumah. Robert (Wouter Zweers), tentara Belanda yang sangat bernafsu menjadi mesin perang paling hebat perasaannya pun luluh saat menemukan bayi di medan perang. Hendrik  (Wouter Braff) jurnalis asal Belanda , juga sering memotret ekspresi-ekspresi manusiawi dan nasionalisme Indonesia. Ia menemukan cintanya, tetapi tak mampu bersatu karena perang.
(Dikutip dari Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI

37.    Objek yang dbahas pada petikan ulasan tersebut adalah ...
a.       Karakter pemain
b.      Sisi kemanusiaan pada tokoh
c.       Penokohan
d.      Alur cerita
e.       Kekurangan film


38.    Unsur yang dominan dibahas pada paragraf kedua adalah ...
a.       Tema film
b.      Alur cerita
c.       Latar cerita
d.      Perwatakan tokoh
e.       Amanat

39.     Dari teks tersebut, kita dapat mengetahui bahwa latar film tersebut terjadi pada...
a.       Suasana pertempuran
b.      Di medan peperangan
c.       Suasana perang
d.      Pascaperang kemerdekaan
e.       Saat Perang Pasifik

Bacalah teks di bawah ini!
Sutradara dengan terampil sudah berhasil membangun harapan penonton. Gaya dialog lumayan lincah dan menggugah. Insiden tokoh Joko dengan anak-anak juga menjadi unsur-unsur sampingan yang bagus dan membantu membangun suasana. Bahkan insiden-insiden semacam ini berhasil menjadikannya bagian yang enak dilihat. Namun, pengarang belum memanfaatkannya sebagai penguat alur.

40.    Pernyataan berupa kritik terhadap karya dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat.
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5

41.    Hal yang diulas pada teks tersebut adalah...
a.       Kekurangan dan kelebihan film
b.      Kekurangan film
c.       Kelebihan film
d.      Tema film
e.       Asal film

Bacalah teks ulasan di bawah ini!
Judul film      : La Tahzan
Produser        : Frederica
Sutradara       : Danial Rifki
Pemeran         : Ariqah Hasiholan, Ario Bayu, Joe Taslim
Tahun lalu, beredar kabar kalau Daniel rifki sedang menyutradari film panjang pertamanya berjudul Orenji. Waktu itu, media memberitakannya sebagai film Indonesia yang shooting di Jepang. Jelang lebaran tahun ini, nama sineas muda ini tercantum sebagai sutradara dalam film berjudul La Tahzan, sementara Orenji tak ada kabarnya. Film lain lagikah? Apa Daniel Rifki membuat film lain selagi menunggu tanggal rilis untuk film debutnya? Usut punya usut, setelah saya mengulik lagi pemberitaan di media-media La Tahzan adalah Orenji yang diberi judul baru.
Perkara pergantian judul ini menarik. Kenapa memilih judul ini? Kenapa memakai judul bernuansa islami ini dan mengedarkan filmnya menjelang lebaran? Aji mumpung mengingat Lebaran konon adalah ladang emas bagi film Indonesia? Keputusan pemasaran untuk menarik perhatian jutaan umat Muslim yang pulang kampung ke bioskop? Bisa jadi.
Sejauh mata memandang, pemasaran adalah alasan paling logis untuk menjelaskan judul La Tahzan dari film Danial Rifki ini. Pasalnya, film ini seperti punya kepribadian ganda: awalnya romansa biasa antara sekelompok insan, tapi tiba-tiba jadi kental dengan nuansa islami di titik-titik genting cerita.

42.    Bukti yang tidak menunjukkan bahwa teks tersebut termasuk ulasan film adalah ...
a.       Pada teks terdapat judul, produser, sutradara dan pemeran film
b.      Objek yang dibahas adalah film dengan judul La Tahzan
c.       Menggunakan kosakata perfilman
d.      Mengulas pergantian judul film
e.       Mengulas cara pemasaran film

43.    Bagian identitas film ditunjukkan oleh ...
a.       Pada teks terdapat judul, produser, sutradara, dan pemeran film
b.      Objek yang dibahas adalah film dengan judul La Tahzan
c.       Menggunakan kosakata perfilman
d.      Mengulas pergantian judul film
e.       Mengulas cara pemasaran film

44.    Kaidah yang menunjukkan bahwa teks tersebut ulasan film adalah ...
a.       Pada teks terdapat judul, produser, sutradara, dan pemeran film
b.      Objek yang dibahas adalah film dengan judul La Tahzan
c.       Menggunakan kosakata perfilman
d.      Mengulas pergantian judul film
e.       Mengulas cara pemasaran film

45.    Unsur yang diulas pada teks tersebut adalah...
a.       Pergantian judul Orenji menjadi La Tahzan
b.      Pergantian nama Orenji menjadi La Tahzan
c.       Pergantian judul film Orenji menjadi La Tahzan
d.      Mengubah waktu pemasaran film La Tahzan
e.       Penyesuaian waktu pemasaran film Orenji

46.    Ringkasan yang tepat untuk teks ulasan tersebut adalah...
a.       Judul film Orenji diganti La Tahzan karena alasan pemasaran
b.      Pembuatan film harus disesuaikan dengan reaksi pasar
c.       Setelah Orenji tidak jelas kabarnya, muncul judul baru, La Tahzan
d.      Perubahan tema sekuler ke nuansa islami karena menjelang Lebaran
e.       La Tahzan disutradarai Daniel Rifki dirilis menjelang Lebaran

47.    Struktur kutipan ulasan tersebut (paragraf 3) termasuk pada bagian
a.       Identitas
b.      Pendahuluan
c.       Sinopsis
d.      Judul ulasan
e.       Simpulan

Bacalah ulasan film di bawah ini!
            Sepanjang film, ia berbusana layaknya perempuan muda sekuler seumurannya. Penggambaran keluarga Viona di awal film juga tidak menunjukkan kalau keluarganya penganut Islam yang taat, atau setidaknya ambil pusing soal perkara agama ini. Tampaknya, kebutuhan pemasaran  bicara begitu lantang, sampai-sampai logika dipaksa pergi libur Lebaran. Korbannya adalah keseluruhan film La Tahzan serba dipaksakan, serba diada-adakan. Apabila bertahan dengan judul Orenji, film ini setidaknya akan punya ketertautan yang jelas dalam sambungan ceritanya.

48.    Bukti utama bahwa teks tersebut merupakan bagian dari teks ulasan adalah ...
a.       Isinya menilai kualitas film
b.      Isinya mengomentari keluarga Viona
c.       Menampilkan film Orenji
d.      Menampilkan logika berpikir
e.       Menyebut tokoh cerita


49.    Alasan penggantian judul Orenji terdapat pada kalimat..
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5

50.    Bukti adanya penggantian judul terdapat pada kalimat ke ....
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5


Post a Comment

Anugerah

Dari pinggiran trotoar yang kehilangan hangatnya matahari, seorang anak menangis setengah mengigil. Beberapa keping uang receh digenggaman...