Thursday 27 March 2014

Senin, 24 Maret 2014

Berita baik dan berita buruk.

Berita buruk koreo pembuka belum digarap sama sekali dan para aktor yang hendak menjadi prajurit belum memiliki tubuh yang memadai. Berita baiknya kita masih optimis dan tenang-tenang saja.

Hampir sebulan dan progres berjalan dengan sangat lambat. Hari ini beberapa aktor telat dan ada pula yang tidak hadir berta baiknya sutradara masih optimis dan yakin semua indah pada waktunya (paling tidak begitulah yang diucapkan pada khotbah-khotbah di gereja)



Hari ini adegan prajurit di lewatkan karena banyaknya prajurit yang tidak hadir dengan masalah masing-masing. Pemain pedang belum bermain pedang dan pemain panah belum memanah dengan sebagaimana mestinya. Aktor-aktor dibiarkan eksplorasi sebebas-bebasnya hingga magrib tiba dengan tujuan mampu membentuk hubungan yang asik sesama aktor.



Ada yang hilang dari latihan ini. Kemana semangat yang sangat kita banggakan? Sekedar mengingatkan, para aktor yang tidak hadir dapat membuat semangat para aktor yang hadir memudar dan lenyap.

Adegan yang digarap hari ini adalah adegan penyerangan Kerajaan Hariara terhadap Kerajaan Huta. Belum bagus dan belum menarik sama sekali. Dilanjut dengan adegan Bagas kesurupan dan menghajar Alogo dengan besi anehnya. Masih sangat jauh dari kata menarik apalagi cocok untuk dipanggungkan.



            Alasan adegan ini kurang menarik tentunya karena para aktor kurang membaca dan mengimajinasikan naskah. Prajurit-prajurit yang saya tunjuk hari ini sebagai prajurit hariara untuk menahan Bagas jelas-jelas tidak memiliki bisnis akting demikian pula dengan aktor-aktor yang lain. Hal ini lagi-lagi terjadi karena para aktor kurang membaca dan mengeksplore naskah.



            Saya sangat berhaarap para aktor bermain dengan cara yang over atau berlebihan hingga saya sebagai sutradara lebih mudah memilah-milah bagian-bagian yang menurut saya cocok. Saya mengharapkan aktor memberikan penawaran-penawaran yang banyak. Waktu untuk penawaran-penawaran dan segala macamnya diberikan sampai akhir April.



            Bagi para rekan yang tidak menjalankan kewajiban, saya akan mengingatkan kembali bahwa saya tidak akan pernah memarahi atau semacamnya. Saya hanyalah sutradara yang tentunya bertugas menyutradarai sesuai dengan isi kepala saya. Tidak ada hak untuk memarahi apalagi memaki kru-kru yang lainnya. Kita bukan atasan dan bawahan, jalankan porsi masing-masing maka semuanya akan baik-baik saja.

Beberapa orang yang bergabung dalam proses masih ada yang belum membuat catatan sama sekali, apakah harus diingatkan? Catatan adalah salah satu wujud pertanggungjawaban terhadap proses dan progres jadi bertanggungjawablah.



            Sampai saat ini Bu helvy masih dalam masa pemulihan. Semoga cepat sembuh ibu, maaf belum bisa menjenguk tapi doa-doa akan selalu menjenguk ibu dengan harapan cepat sembuh dan tersenyum kembali entah di latihan-latihan atau dimanapun

No comments:

Anugerah

Dari pinggiran trotoar yang kehilangan hangatnya matahari, seorang anak menangis setengah mengigil. Beberapa keping uang receh digenggaman...