|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
|
|
Sekolah :
Kelas / Semester :
XI
(sebelas)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Aspek Pembelajaran : Mendengarkan
Standar Kompetensi : 9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam
diskusiatau seminar
Kompetensi Dasar : 9.1 Merangkum
isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
Profil Siswa : P1. Siswa mampu berpikir ilmiah, kritis,
kreatif, inovatif dan
eksperimentif
untuk menemukan ide-ide baru.
K4. Siswa
mampu mengkomunikasikan ide dan informasi kepada orang
lain secara kreatif.
S10.Siswa mampu memberi dampak
positif terhadap lingkungan sekitar.
Fokus Karakter :
Tanggung Jawab
Ayat Firman Tuhan
: Efesus 5 : 15-16
Indikator
·
Mampu
menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau seminar
·
Mampu
mencatat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar
·
Mampu
menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
·
Mampu
menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun teman
A. MATERI PEMBELAJARAN
·
Rekaman atau pembacaan
penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
·
Gagasan
para pembicara yang disampaikan dalam diskusi
·
Pokok-pokok isi informasi
·
Cara dan macam-macam format
pencatatan pokok informasi
·
Cara menyusun rangkuman isi
informasi
·
Contoh rangkuman isi informasi
·
Tanggapan terhadap rangkuman
isi informasi yang disusun oleh teman
B.
METODE PEMBELAJARAN
·
Presentasi
·
Diskusi
Kelompok
·
Demontrasi
/Pemeragaan Model
C.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembuka (10’)
Ø Apersepsi
·
Siswa
saling bertukar pikiran mengenai pengertian diskusi dan seminar
·
Siswa
saling bertukar pikiran mengenai tujuan diskusi dan seminar
Kegiatan Inti(60’)
Ø
Eksplorasi
·
Guru
memperdengarkan rekaman atau membacakan penyampaian pendapat/informasi dalam
diskusi/seminar
Ø Elaborasi
·
Siswa
mendengarkan pemutaran rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi
dalam diskusi/seminar
·
Siswa
mencatat pokok-pokok isi informasi, sebagian dengan format 1, sebagian yang
lain dengan format 2
·
Siswa
menyusun rangkuman isi informasi
Ø Konfirmasi
·
Siswa
mempresentasikan rangkuman isi informasi yang disusun
·
Siswa
saling menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman
Kegiatan Penutup (10’)
·
Siswa
diminta mengungkapkan kesulitannya dalam mendengarkan informasi
·
Siswa
diminta mengungkapkan pengalamannya dalam merangkum isi informasi
D.
SUMBER BELAJAR
Pustaka rujukan
|
Uji Kompetensi Tiga Serangkai Bahasa
Indonesia XI
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran
|
Media cetak dan elektronik
|
Diskusi atau seminar yang disiarkan langsung oleh televisi
|
Website internet
|
|
Narasumber
|
Pemimpin diskusi, moderator, pembicara,
panelis
|
Model peraga
|
Siswa yang sudah sering menyajikan makalah di depan forum, anggota KIR,
pengurus OSIS
|
Lingkungan
|
Diskusi panel, seminar di sekolah, perguruan tinggi atau lingkungan
sekitar siswa
|
E.
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
v
|
Tes Lisan
|
v
|
Tes Tertulis
|
|
v
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
v
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
v
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
·
Daftar
pertanyaan lisan
·
Tugas/perintah
untuk mengungkapkan kesulitannya dalam mendengarkan informasi dan pengalamannya
dalam merangkum isi informasi.
·
Tugas/perintah
untuk melakukan diskusi, presentasi, mengungkapkan tanggapan
·
Daftar
pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman
siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
|
RUBRIK PENILAIAN PENYUSUNAN
RANGKUMAN ISI PEMBICARAAN DALAM DISKUSI/SEMINAR
NAMA SISWA :
KELAS, NO ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
PERTANYAAN PEMANDU
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Kesesuaian rangkuman dengan isi pembicaraan
|
Apakah rangkuman sesuai dengan data yang ada pada diskusi/seminar?
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelengkapan
isi
|
Apakah hal-hal
penting pada diskusi/seminar oleh siswa dicantumkan secara lengkap dalam
rangkuman?
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan
rangkuman
|
Apakah
rangkuman memuat keseluruhan detail isi dan merupakan hal yang inti?
|
|
|
|
|
|
4.
|
Bahasa
|
Apakah siswa
menulis rangkuman dengan bahasa yang mudah dipahami?
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kebakuan
bahasa
|
Apakah siswa
menulis rangkuman dengan bahasa Indonesia yang baku?
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR (Maksimal 25)
|
|
Mengetahui,
|
.........................,...........................
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
Sekolah :
Kelas / Semester :
XI
(sebelas)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Aspek Pembelajaran : Mendengarkan
Standar Kompetensi : 9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar
Kompetensi Dasar : 9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi
atau seminar
Profil Siswa : P1. Siswa mampu berpikir ilmiah, kritis,
kreatif, inovatif dan
eksperimentif
untuk menemukan ide-ide baru.
K4. Siswa
mampu mengkomunikasikan ide dan informasi kepada orang
lain secara kreatif.
S10.Siswa mampu memberi dampak
positif terhadap lingkungan sekitar.
Fokus Karakter : Tanggung Jawab
Indikator
·
Mampu
mengajukan pertanyaan dalam diskusi atau seminar
·
Mampu
menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan
·
Mampu
menanggapi pembicaraan dalam bentuk dukungan
·
Mampu
menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan
·
Mampu
menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi/seminar
A.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Berbagai
topik diskusi
·
Syarat
peserta diskusi yang baik
·
Syarat
mengajukan pertanyaan dalam diskusi/seminar
·
Daftar
pertanyaan dalam diskusi/seminar
·
Syarat
dan cara memberikan komentar/tanggapan
·
Tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk kritik
·
Tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk dukungan
·
Penambahan
alasan untuk memperkuat tanggapan/komentar
·
Cara
menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi
·
Contoh
hasil diskusi
B.
METODE PEMBELAJARAN
·
Presentasi
·
Diskusi
Kelompok
·
Demontrasi
/Pemeragaan Model
C.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembuka (apersepsi)
·
Siswa
ditanya mengenai syarat peserta diskusi yang baik
·
Siswa
ditanya mengenai cara memberikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
Kegiatan Inti
Ø
Eksplorasi
·
Siswa
membaca dan memahami berbagai komentar yang ada dalam contoh hasil diskusi
·
Guru
menghadirkan satu atau beberapa panelis/nara sumber untuk menyampaikan
pendapatnya tentang suatu topik
·
Guru
menunjuk beberapa siswa sebagai notulis dan moderator diskusi dan siswa yang
lain sebagai peserta diskusi
Ø Elaborasi
·
Pelaksanaan
diskusi panel : moderator mengatur jalannya diskusi
·
Siswa
peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam bentuk kritik
disertai alasan pendukung
·
Siswa
peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam bentuk dukungan
disertai alasan pendukung
Ø Konfirmasi
·
Penyampaian
kesimpulan hasil diskusi oleh moderator
Kegiatan Penutup (Internalisasi dan persepsi)
·
Siswa
diminta menjelaskan kesulitannya dalam menyampaikan tanggapan/komentar
pembicaraan dalam diskusi
·
Siswa
diminta mengungkapkan manfaat penyampaian tanggapan terhadap hasil akhir
diskusi
D.
SUMBER BELAJAR
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI
Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 176-180
Arsjad Maidar G. Dan Mukti U.S. 1991. Pembinaan
Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.
Jakarta : Erlangga
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pelaksanaan diskusi atau seminar
|
Media cetak dan elektronik
|
Rekaman atau siaran langsung suatu diskusi atau seminar dari TV
|
Website internet
|
Rekaman diskusi atau seminar
|
Narasumber
|
Panelis, guru, dosen, praktisi, dll.
|
Model peraga
|
Siswa sebagai moderator dan panelis
|
Lingkungan
|
Diskusi panel, seminar di sekolah, perguruan tinggi, instansi, atau forum
lain yang ada di masyarakat y
|
E.
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
v
|
Tes Lisan
|
v
|
Tes Tertulis
|
|
v
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
v
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
v
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
·
Daftar
pertanyaan lisan tentang mengenai syarat peserta diskusi yang baik, dan cara
memberikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
·
Tugas/perintah
untuk melakukan diskusi, penyampaian tanggapan pembicaraan
·
Daftar
pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman
siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
|
RUBRIK PENILAIAN KOMENTAR
TERHADAP PENDAPAT DALAM DISKUSI
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR :
Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
ASPEK
|
RINCIAN
|
NILAI
|
|||
KURANG
|
CUKUP
|
BAIK
|
AMAT BAIK
|
||
D (10)
|
C (15)
|
B (20)
|
A (25)
|
||
ISI
KOMENTAR
|
Sesuai dengan
pendapat pembicara
|
|
|
|
|
Kritis/mendalam/tajam
|
|||||
Isinya sesuai
|
|||||
Komentar logis
dan realistis
|
|||||
Didukung alasan, bukti serta referensi memadai
|
|||||
SISTEMATIKA
KOMENTAR
|
Dibuka dengan pengantar /latar
belakang
|
|
|
|
|
Ada
pernyataan utama di awal
|
|||||
Ada gagasan penjelas / pengembang
di tengah
|
|||||
Ada kesimpulan/penegasan di akhir
|
|||||
BAHASA
KOMENTA TOR
|
Kalimat
efektif dan komunikatif
|
|
|
|
|
Diksi tepat, khusus, variatif, baku
|
|||||
Struktur kalimat tepat dan baku
|
|||||
Artikulasi dan
intonasi tepat
|
|||||
ETIKA
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
Tidak
emosional
|
|||||
Kata-katanya
santun
|
|||||
Sesuai alokasi
waktu
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
Mengetahui,
|
.........................,...........................
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
|
|