Saturday 29 July 2017

Contoh RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




Sekolah                          :  
Kelas / Semester           :   XI (sebelas)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran             :   Bahasa dan Sastra Indonesia
Alokasi Waktu              2 x 40 menit
Aspek Pembelajaran    :   Mendengarkan
Standar Kompetensi    : 9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam
                                          diskusiatau seminar
Kompetensi Dasar        :  9.1   Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
Profil Siswa                   : P1. Siswa mampu berpikir ilmiah, kritis, kreatif, inovatif dan
                                       eksperimentif  untuk menemukan ide-ide baru.
                                K4. Siswa mampu mengkomunikasikan ide dan informasi kepada                                                  orang lain secara kreatif.  
                                          S10.Siswa mampu memberi dampak positif terhadap lingkungan                                                           sekitar.
Fokus Karakter           : Tanggung Jawab
Ayat Firman Tuhan     : Efesus 5 : 15-16

Indikator
·         Mampu menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau seminar 
·         Mampu mencatat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar
·         Mampu menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
·         Mampu menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun teman


A.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
·         Gagasan para pembicara yang disampaikan dalam diskusi
·         Pokok-pokok isi informasi
·         Cara dan macam-macam format pencatatan pokok informasi
·         Cara menyusun rangkuman isi informasi
·         Contoh rangkuman isi informasi
·         Tanggapan terhadap rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman

B.     METODE PEMBELAJARAN
·         Presentasi
·         Diskusi Kelompok
·         Demontrasi /Pemeragaan Model

C.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembuka (10’)
Ø  Apersepsi
·         Siswa saling bertukar pikiran mengenai pengertian diskusi dan  seminar
·         Siswa saling bertukar pikiran mengenai tujuan diskusi dan seminar

Kegiatan Inti(60’)
Ø  Eksplorasi
·         Guru memperdengarkan rekaman atau membacakan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
Ø  Elaborasi
·         Siswa mendengarkan pemutaran rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
·         Siswa mencatat pokok-pokok isi informasi, sebagian dengan format 1, sebagian yang lain dengan format 2
·         Siswa menyusun rangkuman isi informasi
Ø  Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan rangkuman isi informasi yang disusun
·         Siswa saling menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman

Kegiatan Penutup (10’)
·         Siswa diminta mengungkapkan kesulitannya dalam mendengarkan informasi
·         Siswa diminta mengungkapkan pengalamannya dalam merangkum isi informasi

D.     SUMBER BELAJAR

Pustaka rujukan
Uji Kompetensi Tiga  Serangkai Bahasa Indonesia XI
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran
Media cetak dan elektronik
Diskusi atau seminar yang disiarkan langsung oleh televisi
Website internet

Narasumber
Pemimpin diskusi, moderator, pembicara, panelis
Model peraga
Siswa yang sudah sering menyajikan makalah di depan forum, anggota KIR, pengurus OSIS
Lingkungan
Diskusi panel, seminar di sekolah, perguruan tinggi atau lingkungan sekitar siswa

E.     PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
·        Daftar pertanyaan lisan
·        Tugas/perintah untuk mengungkapkan kesulitannya dalam mendengarkan informasi dan pengalamannya dalam merangkum isi informasi.
·        Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, mengungkapkan tanggapan
·        Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari

RUBRIK PENILAIAN PENYUSUNAN RANGKUMAN ISI PEMBICARAAN DALAM DISKUSI/SEMINAR

NAMA SISWA           :
KELAS, NO ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN   :
KOMPETENSI DASAR     : Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar


NO
ASPEK YANG DINILAI
PERTANYAAN PEMANDU
SKOR
1
2
3
4
5
1.
Kesesuaian rangkuman dengan isi pembicaraan
Apakah rangkuman sesuai dengan data yang ada pada diskusi/seminar?





2.
Kelengkapan isi
Apakah hal-hal penting pada diskusi/seminar oleh siswa dicantumkan secara lengkap dalam rangkuman?





3.
Ketepatan rangkuman
Apakah rangkuman memuat keseluruhan detail isi dan merupakan hal yang inti?





4.
Bahasa
Apakah siswa menulis rangkuman dengan bahasa yang mudah dipahami?





5.
Kebakuan bahasa
Apakah siswa menulis rangkuman dengan bahasa Indonesia yang baku?





JUMLAH SKOR (Maksimal 25)




Mengetahui,

.........................,...........................






Guru Mata Pelajaran




















        




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


        
Sekolah                          :  
Kelas / Semester           :   XI (sebelas)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran             :   Bahasa dan Sastra Indonesia
Alokasi Waktu              2 x 40 menit
Aspek Pembelajaran    :   Mendengarkan
Standar Kompetensi    : 9.     Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
Kompetensi Dasar        : 9.2   Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
Profil Siswa                    : P1. Siswa mampu berpikir ilmiah, kritis, kreatif, inovatif dan
                                       eksperimentif  untuk menemukan ide-ide baru.
                                 K4. Siswa mampu mengkomunikasikan ide dan informasi kepada                                                 orang lain secara kreatif.  
                                          S10.Siswa mampu memberi dampak positif terhadap lingkungan                                                           sekitar.
Fokus Karakter           : Tanggung Jawab

Indikator
·         Mampu mengajukan pertanyaan dalam diskusi atau seminar
·         Mampu menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan
·         Mampu menanggapi pembicaraan dalam bentuk dukungan
·         Mampu menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan
·         Mampu menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi/seminar


A.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Berbagai topik diskusi
·         Syarat peserta diskusi yang baik
·         Syarat mengajukan pertanyaan dalam diskusi/seminar
·         Daftar pertanyaan dalam diskusi/seminar
·         Syarat dan cara memberikan komentar/tanggapan
·         Tanggapan/komentar pembicaraan dalam bentuk kritik
·         Tanggapan/komentar pembicaraan dalam bentuk dukungan
·         Penambahan alasan untuk memperkuat tanggapan/komentar
·         Cara menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi
·         Contoh hasil diskusi

B.     METODE PEMBELAJARAN
·         Presentasi
·         Diskusi Kelompok
·         Demontrasi /Pemeragaan Model

C.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembuka (apersepsi)
·         Siswa ditanya mengenai syarat peserta diskusi yang baik
·         Siswa ditanya mengenai cara memberikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi

Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
·         Siswa membaca dan memahami berbagai komentar yang ada dalam contoh hasil diskusi
·         Guru menghadirkan satu atau beberapa panelis/nara sumber untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu topik
·         Guru menunjuk beberapa siswa sebagai notulis dan moderator diskusi dan siswa yang lain sebagai peserta diskusi
Ø  Elaborasi
·         Pelaksanaan diskusi panel : moderator mengatur jalannya diskusi
·         Siswa peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam bentuk kritik disertai alasan pendukung
·         Siswa peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam bentuk dukungan disertai alasan pendukung
Ø  Konfirmasi
·         Penyampaian kesimpulan hasil diskusi oleh moderator

Kegiatan Penutup (Internalisasi dan persepsi)
·         Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
·         Siswa diminta mengungkapkan manfaat penyampaian tanggapan terhadap hasil akhir diskusi
D.     SUMBER BELAJAR

Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 176-180
Arsjad Maidar G. Dan Mukti U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan    Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pelaksanaan diskusi atau seminar
Media cetak dan elektronik
Rekaman atau siaran langsung suatu diskusi atau seminar dari TV
Website internet
Rekaman diskusi atau seminar
Narasumber
Panelis, guru, dosen, praktisi, dll.
Model peraga
Siswa sebagai moderator dan panelis
Lingkungan
Diskusi panel, seminar di sekolah, perguruan tinggi, instansi, atau forum lain yang ada di masyarakat y

E.     PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
·         Daftar pertanyaan lisan tentang mengenai syarat peserta diskusi yang baik, dan cara memberikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
·         Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, penyampaian tanggapan pembicaraan
·         Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari

RUBRIK PENILAIAN KOMENTAR TERHADAP PENDAPAT DALAM DISKUSI

NAMA SISWA              :
KELAS/NO. ABSEN    :
TANGGAL PENILAIAN   :
KOMPETENSI DASAR     : Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG
CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)
ISI KOMENTAR
Sesuai dengan pendapat pembicara




Kritis/mendalam/tajam
Isinya sesuai
Komentar logis dan realistis
Didukung  alasan, bukti serta referensi memadai
SISTEMATIKA
KOMENTAR
Dibuka dengan  pengantar /latar belakang




Ada   pernyataan utama di awal
Ada  gagasan penjelas / pengembang di tengah  
Ada kesimpulan/penegasan    di akhir
BAHASA KOMENTA TOR
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, khusus, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat
ETIKA
Menghargai pendapat orang lain




Tidak emosional
Kata-katanya santun
Sesuai alokasi waktu
JUMLAH SKOR





Mengetahui,

.........................,...........................






Guru Mata Pelajaran










Anugerah

Dari pinggiran trotoar yang kehilangan hangatnya matahari, seorang anak menangis setengah mengigil. Beberapa keping uang receh digenggaman...